Liputan Pastry n Bakery


Sedikit cerita ya dari usaha cake onlineku ini. Saat sibuk mengajar cooking class for kids edisi liburan, majalah Pastry and Bakery menghubungi aku untuk mengisi rubrik Art&Deco edisi Februari.  Diharapkan aku membuat dekorasi yang berhubungan dengan valentine.

Wah, bukan hal yang mudah menemukan idenya.  Liputan juga sempat mundur beberapa hari karena kesibukan aku mengerjakan urusan domestik (spesial asisten sedang pulang kampung) dan juga pesanan yang sudah konfirm.  Belum lagi proyek Imlek tahun ini.  Tetapi sesuai kesepakatan, akhirnya liputan dilakukan juga meski tertunda seminggu.

Ide awalku adalah  membuat heart chocolate box yang berisi praline. Berdasarkan diskusi dengan para bakuler juga, ide tersebut dinilai B (biasa)...hahahaha.... Nah, mati gaya deh.
Sampai malam hari menjelang liputan, ide tetap saja belum didapat.  Setelah semua lelap dan suasana sunyi, browsing kanan kiri, wangsitnya pun turun.  Tetapi justru bukan meniru cake. Aku malah menyukai sebentuk rangkaian bunga segar dengan tata warna dan bentuk rangkaian yang sangat menyenangkan mata. Inilah yang aku pakai sebagai ide Art&Deco.
Padahal,membuat bunga adalah hal yang tidak biasa untukku.  Jadi setelah mendapat gambarnya, yang aku lakukan adalah mencari tahu cara membuat  bunga nya.  Tentu yang dicari cara termudah buat amatir seperti aku.  Dan gotcha....dapat!  Cara itu langsung aku praktekkan.  Begitu mulai terbiasa membuat beberapa kuntum, lega rasanya.  Langsung tidur malam.

Liputan berjalan on time dan lancar jaya berkat para kru yang baik hati dan sabar meladeni aku yang bawel butuh cerita dan ngobrol ngalur ngidul.. Dan inilah hasilnya,  Flower Bouquet Cake from Raecake. Seluruh step by step aku kerjakan sendiri dan tidak mengikuti aturan manapun.  Semua bebas dan seadanya mengingat peralatanku juga seadanya.  Semoga sharing pembuatannya bermanfaat untuk siapapun yang ingin membuatnya. Itu saja sih misi utamanya.  Semoga berkenan ya.

No comments:

Post a Comment